Spiga

ALASAN KE-3 : ANDA SUDAH BIASA MELAKUKANNYA

Fakta menunjukkan bahwa faktor pertama yang paling mempengaruhi seseorang dalam memilih suatu produk bukanlah iklan, tetapi karena referensi dari orang-orang dekat (teman, keluarga). Sementara iklan menempati urutan kedua, karena iklan lebih cenderung berfungsi sebagai alat untuk pengenal (bagi produk baru), prestise(gengsi), dan brand(popularitas).



Disadari atau tidak, setiap orang sudah melakukan kegiatan "beriklan" atas dasar kepuasan pemakaian suatu produk kepada orang-orang disekitarnya. Misalnya, Anda baru saja mengalami hal-hal di bawah ini:


  • menemukan tempat makan baru yang enak dan murah

  • menonton sebuah film yang sangat bagus

  • menggunakan ponsel yang fiturnya pas dengan selera dan kebutuhan Anda, modelnya keren, suaranya jernih, harganya murah

  • membeli kendaraan (sepeda motor, mobil) yang anda rasakan nyaman sekali mengendarainya dan hemat BBM

  • membeli komputer/laptop yang canggih, modelnya keren, kecepatannya tinggi, dan anda mendapatkannya dengan harga yang murah

  • menggunakan jasa angkutan umum (mobil, bus, kereta api, pesawat) dan anda merasa puas dengan pelayanannya

  • menggunakan operator selular yang memberikan tarif telepon dan atau tarif SMS super murah

  • menemukan tempat sewa VCD/DVD original yang harga sewanya sangat murah dan kualitas filmnya sangat bagus

Apa yang secara otomatis pasti akan anda lakukan?


Anda pasti akan menceritakan kepuasan anda atas pemakaian produk-produk tersebut secara otomatis kepada orang-orang di sekitar anda.


Demikian juga, kalau ada teman atau saudara anda yang berhak membeli suatu produk, dan ia meminta saran pada anda, produk apa yang anda referensikan? Pasti anda akan mereferensikan produk yang sudah anda gunakan dan anda merasa puas. Apabila belum pernah menggunakannya, pasti anda akan mereferensikan produk yang kata orang bahwa produk tersebut bagus.


Artinya, anda sudah melakukan promosi gratis. Dalam dunia marketing haltersebut disebut word Of Mouth (WOM).


Viral Marketing menghadirkan Tell Your Friend (TYF) Reward Program, yaitu program pembagian keuntungan (profit sharing) berupa bonus, yang diberikan oleh perusahaan kepada member, jika member tersebut berhasil mempromosikan suatu produk yang telah ia gunakan kepada orang lain.


Wah, saya tidak bakat jualan nih?


Bergabung dengan bisnis Viral Marketing berarti anda hanya mengubah cara belanja produk kebutuhan sehari-hari yang sudah biasa anda gunakan, tinggal anda mengajak rekan untuk bergabung dengan anda.


Oleh sebab itu, pilihlah produk yang umum, harga standar, tidak ada biaya pendaftaran atau iuran bulanan (gratis), tidak menggunakan sistem peringkat atau matrik (kiri kanan harus seimbang)


MENUJU ALASAN KE-4

0 komentar:

Posting Komentar